Selasa, 11 September 2012

TUGAS I BU TITIS_Perbedaan Jarkom dengan Sistem Terdistribusi


Jaringan Komputer merupakan kumpulan komputer yang dapat berkomunikasi satu sama lain, menggunakan peralatan yang dapat diakses secara bersama-sama dan dapat berhubungan dengan komputer induk lain dalam jarak yang berjauhan.
Distributed System (Sistem terdistribusi) merupakan kumpulan komputer autonom yang dihubungkan oleh jaringan dengan software yang dirancang untuk menghasilkan fasilitas komputasi terintegrasi.
Setelah mengetahui pengertian dari keduanya kita dapat melihat persamaan dari keduanya. Persamaan keduanya adalah sekumpulan komputer yang saling terhubung dan sama-sama dapat mengakses sesuatu secara bersama-sama.
Tetapi keduanya memiliki banyak perbedaan yaitu:
  1. Jarkom menghubungkan beberapa komputer untuk melakukan sharingsaja dan setiap komputer menjalankan pekerjaannya masing-masing. DS menghubungkan beberapa komputer untuk menciptakan suatu sistem yang menciptakan tujuan/keluaran yang sama.
  2. Jarkom: komputer otonom yang secara eksplisit terlihat (secara eksplisit teralamati). DS: keberadaan beberapa komputer otonom bersifat transparan (secara fisik kita tidak dapat melihat sistem sedang bekerja dimana).
  3. Jarkom termasuk kedalam DS, karena DS menghubungkan beberapa komputer (network) untuk melakukan/mengakses pekerjaan tetapi DS membuatnya seolah-olah hanya terdiri dari satu komputer/sistem.
  4. Pada Jarkom user secara explisit (nyata) harus “login” pada server, kalau ingin memanfaatkan resource yang dimiliki oleh server. Secara explisit menyampaikan tugasnya dari jauh, secara explisit memindahkan file-file, namun secara umum menangani sendiri seluruh manajemen jaringan. Sedangkan pada DS User tidak perlu melakukan pekerjaan secara explisit, karena semua proses dan manajemen dilakukan/ ditangani secara otomatis oleh sistem tanpa diketahui user. Meskipun secara umum seorang user pada tiap terminal juga harus login untuk bisa memanfaatkan resource host.
  5. Perbedaan utama antara jaringan komputer dan sistem terdistribusi lebih terletak pada perangkat lunaknya (khususnya sistem operasi) bukan pada perangkat kerasnya, karena perangkat lunaklah yang menentukan tingkat keterpaduan dan transparansi jaringan yang bersangkutan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar